Senin, 10 Agustus 2020

JANGAN TAKUT CLBK BERSAMA PAK RAMA

CLBK memang asyik, menarik. CLBK berarti cinta lama bersemi kembali. Bisa juga berarti cinta lama bikin kisruh.

CLBK malam ini ala bang Roma. Sosok pria hebat, rupawan dan berprestasi tentunya. Yulius Roma Patandean, S.Pd. Terlahir di Tana Toraja 6  Julo 1984 silam. Seorang pendidik dengan segudang prestasi. Guru Prestasi Tingkat SMA Kab. Toraja 2016. Pernah meraih mendali perunggu lomba kreatifitas guru Porseni PGRI Sulawesi Selatan 2017.

Guru bahasa Inggris SMA 5 Tana Toraja sejak tahun 2015 dengan sapaan akrapnya pak Roma, sering diundang untuk menjadi juri. Lomba debat bahasa Inggris dan lomba story telling untuk tingkat SMA dan SMP di kabupaten Tana Toraja. Pernah memjadi dosen tidak tetap di Falkultas Ekonomi Universitas Kristen Toraja. Tutor di Universitas Terbuka dan sebagai Fasilitator Belajar di Yayasan Trampil Indonesia.

Pak Roma sangat aktif dalam kegitan organisasi. Dalam PGRI beliau adalah sebagai wakil seketaris PGRI kabupaten Tana Toraja. Selain itu beliau juga sekretaris YPLP PGRI kabupaten Taana Toraja.

Berawal bercita-cita jadi seorang wartawan bola yang terinspirasi bapak Ian Sitomorang dan Arif Natakusumah di Tabloid Bola, Nasib berkata lain. Menjadi seorang pendidik dengan segudang prestasi dan penulis buku. Bagaimana perjalanannya beliau hingga bisa menerbitkan buku?  Berikut ini kisahnya.

Berawal dari pertemuanya dengan Om Jay dalam organisasi PGRI. Melalui undangan pelatihan Belajar Menulis lewat group WA. Mendatar dan bergabung di group 8 dan group 9.


Ketika Prof. Richasdus Eko Indrajid hadir sebagai pemateri, inilah awal terbitnya buku beliau. Topik materinya adalah menulis dalam satu minggu. Tantangan dari Prof. Eko “Apakah pak Yulius mau menulis bersama saya?”. Tantangan diterima dan terpilihlah sebuah judul buku : DIGITAL TRANSFORMATION, Berubah Untuk Menguasi Dunia. Penerbit Andi


Kunci sukses pak Roma dalam menerbitkan buku ini adalah CLBK. Sebuah ajakan dan sekalipun. COBA, LAKUKAN, BUDAYAKAN dan KONSISTEN. Tuailah hasil selama masih sanggup CLBK.

·         COBA

Tak ada hasil jika kita tidak mencoba. Terimalah setiap tawaran pekerjaan karena itu adalah amanah. Sepanjang pekerjaan itu ada hubungannya dengan pendidikan. Begitu pula dengan menulis. Walau terasa berat dan susah. Mulailah terutama dalam membangun ide dan mencurahkanyan kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang melatih kita untuk produktif dalam menguntai kata-kata yang bermakna.

·         LAKUKAN  

A   Agar ide kita tidak mengendap seiring waktu maka ketika kita sudah memcoba menemukan rasa dan keunikan dengan tulisan kita, teruslah lakukan. Paksa diri untuk menulis ketika ada kendala untuk berhenti menulis. Menulis apa saja, intinya haris ada tersimpan di draf blog dan tersimpan di lap top.

·         BUDAYAKAN

Menulis harus jadi budaya kita. Bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Budayakan menulis sehingga menjadi panggilan beraktifitas setiap hari.

·         KONSISTEN

Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsistensi adalah misi dalam diri manuasia untuk mencapai visi seorang penulis yakni menghasilkan sebuah karya tulisan dan bisa memberi inspirasi bagi banyak orang. Caranya ? memaksa setiap hari’

Jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya.

Bila kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka MENULISLAH. Sehingga hidup ini lebih mulia untuk sesama. (Al Ghazali).



 

(Sesi 2) DIGITAL TRANSFORMATION: Toward an Agile Enterprise

  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda