Senin, 03 Agustus 2020

BERKARYA TANPA BATAS BERSAMA BUNDA KANJENG

Sungguh sangat beruntung. Bertemu dengan bunda hebat yang satu ini.  Sri Sugiastuti atau bunda Kanjeng perempuan hebat. Tak mengenal usia. Memulai awal menulis ketika usia sudah setengah abad.

Sri Sugiastuti lahir 8 April 1961. Menghabiskan masa kecil di Jakarta hingga SMA. Kuliah di UNS. Pada tahun 1990 hijrah ke Solo. Karier munulis dimulai ketika beliau berusia setengah abad. Usia bukan faktor penghambat. Bunda hebat ini melanjutkan S2 di UNS. Pengkajian Bahasa Inggris jurusan yang diambil. Linier dengan S1 beliau.

Tahun 2010 awal keberuntungan bagi beliau. Dua buku telah terbit. SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK penerbit Erlanngga dan Diary Ketika Buah Hati Sakit buku antologi.

Melalui jemari cantik beliau telah terbit sekitar 20an buku tunggal penerbit Indie. Antologi pertahun rata-rata bisa 3 atau 4.

Luar biasa bunda hebat Sri Sugiastuti meskipun usianya 60 th masih berkarya. Membaca judul novel novelnya saja sudah tertarik. Membuat penasaran ingin membacanya. Berikut novel novel beliau:

Kugelar Sajadah Cinta penerbit Indie Benteng Pustaka Sidoarjo

Deburan Ombak Waktu penerbit Indie Goresan Pena Cirebon

The Stories Cakes For Beloved Moms penerbit Indie Oksana

Perempuan terbungkas, (Novel) Catatan Religi  Bu Kanjeng (motivasi)

Dan lain-lain



Sebuah tanda tanya besar ada dibenak saya. Keinginan menulis sangat kuat tetapi bagaimana memulainya? Berikut  tip bagaimana bunda hebat Sri Sugiastuti sukses dalam menulis hingga menernitkan karyanya ?

1. Cara jadi penulis : Banyak membaca, mencoba menulis, mengirim tulisan dan teruslah menulis

2. Disiplin menulis : Buat kerangka tulisan, buat target, fokus dan reward&punisment

3. Memilih judul yang menarik : Sesuaikan dengan tema tulisan, buat judul dengan kata mudah diingat, buat orang penasaran

4. Mencari ide : Bacalah sebanyak banyaknya, refreshing, tulis apa yang anda bisa tulis. Cari referensi dari berbagai media. Anda bisa menggunakan cara ATM (amati,tiru, modifikasi).

5. Menulis cepat : Pikirkan ide tulisan yang akan di buat. Membuat kerangka terlebih dahulu. Teruslah mengetik berdasarkan ide yang dimiliki. Baca kembali berulang kali dan perbaiki apa yang salah.

6. Memenangkan lomba menulis : Pastikan anda memahami dan melaksanakan aturan dan syarat-syrat lomba. Cari beberapa referensi yang berkaitan dengan tema lomba. Setelah selesai menulis baca berulang kali. Perbaiki yang salah. Setelah mengirim naskah berdoalah. Jika gagal evaluasi diri dan terus mencoba.

7. Langkah-langkah menulis buku : Tentukan jenis buku, tentukan tema, buat kerangka, mulai mengembangkan kerangka, baca kembali brulang-ulang dan perbaiki.

8. Cara mengirimkan tulisan ke media masa : Buat tulisan yang menarik, pilih tulisan yang sesuai temanya, sesuaikan dengan media masa yang anda kirimkan. Kirim naskah pada satu media masa. Jika ditolak baru kirim ke media lainnya.

9. Membuat pembaca penasaran : Buat pembaca penasaran di akhir bab agar mereka terus membaca buku karya kita.

10. Waktu yang tepat untuk menulis : Saat senggang, malam hari sebelu tidur, pagi hari mungkin saat hari setelah subuh. Saat ada ide yang paling penting.

Apa yang paling sulit dari menulis? Menurut bunda Kanjeng yang paling sulit memulainya dan istikomah.  Membuat tulisan dimulai dari menulis yang mendesak dan ingin segera kita sampaikan, apa yang ada di benak kita. Jangan takut salah, jangan takut jelek tulisanya, jangan takut jika tulisan tidak berguna atau tidak ada yang baca.

Disiplin dalam menulis. Menurut banda hebat ini tentu kita perlu mengapresiasi diri sendiri dengan capaian yang sudah kita peroleh, misalnya dengan me time, relaxasi dan menghirup udara segar sambil mencari ide baru. Bagaimana punismentnya?  Kalau target belum terpenuhi berarti kita punya hutang tulisan. Secepatnya harus dilunasi.

Bunda Kanjeng menghimbau sebaiknya kita buat blog. โ€œAyo buat blog. Posting tulisan. Lama-kelamaan jadi buku loh. Buktinya om Jay, jadi blogger ternama. Terbit bukunya loh.โ€ kata beliau. Sebaiknya kita punya blog untuk menyimpan aneka tulisan. Sayang jika tulisan berserakan dan tidak jadi buku. Mungkin nanti akan terkumpul beberapa tema yang sama dan bisa dijadikan sebuah buku.   

Jangan lelah untuk berproses. Masuklah ke dalam komunitas penulis untuk saling support. Awali dengan menulis di blog lanjut di antologi untuk jadi sebuah buku dan lanjut ke buku tunggal. Minimal bisa membukukan hasil belajarnya selama mengikuti kelas belajar menulis gratis bersama om Jay dan PGRI. Kesimpulan bunda kanjeng dalam pembelajaran sesi pertama di Kelas Menulis Setiap Hari Bersama om Jay gelombang 15.

Berikut link youtube dari banda Kanjeng ;


                       Dongeng Eyang Kanjeng "Acil Kancil dan Raja Singa" #Part2




12 Komentar:

Pada 3 Agustus 2020 pukul 15.37 , Blogger Wijaya kusumah mengatakan...

pengalaman adalah guru yang terbaik. Mari belajar pada bunda Kanjeng yang memiliki pengalaman yang luar biasa dalam menulis. Yuk kita belajar bersama dalam menerbitkan buku!

 
Pada 3 Agustus 2020 pukul 16.27 , Blogger ceritadariasih.wordpresa.con mengatakan...

Terimakasih om Jay ... Luar biasa semangat nya. Sangat insfirafive. Om Jay, bunda kanjeng are my insfirators.๐Ÿ™๐Ÿ‘

 
Pada 3 Agustus 2020 pukul 18.40 , Blogger astutiamudjono.wordpress.com mengatakan...

Senang membaca resume ini. Artinys apa yang saya sampaikan bisa dipahami dan bisa menjadi amunisi agar lebih bersemangat lagi untuk menulie

 
Pada 3 Agustus 2020 pukul 19.36 , Blogger Bahrudin mengatakan...

Wah bagus resumenya, jadi inspirasi bagi pembaca

 
Pada 3 Agustus 2020 pukul 22.27 , Blogger ceritadariasih.wordpresa.con mengatakan...

Alhamdulillah bunda...saya pingin bisa menulis sejak kuliah dahulu tetapi blm kesampaian. Alhamdulillah bisa bergabung di kls ini ๐Ÿ™

 
Pada 3 Agustus 2020 pukul 22.30 , Blogger ceritadariasih.wordpresa.con mengatakan...

Alhamdulillah...terima kasih๐Ÿ™

 
Pada 4 Agustus 2020 pukul 02.43 , Blogger Yanti Yuni Astuti mengatakan...

Menjadi inspirasi buat saya untuk semangat dalam menulis.. terimaksih bu

 
Pada 4 Agustus 2020 pukul 02.43 , Blogger Yanti Yuni Astuti mengatakan...

Menjadi inspirasi buat saya untuk semangat dalam menulis.. terimaksih bu

 
Pada 4 Agustus 2020 pukul 02.43 , Blogger Yanti Yuni Astuti mengatakan...

Menjadi inspirasi buat saya untuk semangat dalam menulis.. terimaksih bu

 
Pada 4 Agustus 2020 pukul 03.13 , Blogger ceritadariasih.wordpresa.con mengatakan...

Iya bunda...semangat yuk...untuk menulis๐Ÿ™

 
Pada 9 Agustus 2020 pukul 17.15 , Blogger Rabetsa Kariono mengatakan...

Menambah semangat para pemula dalam menulis

 
Pada 20 Agustus 2020 pukul 01.49 , Blogger Asnati, S.Pd., M.TPd mengatakan...

Motivasi belajar menulis ๐Ÿ‘

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda