Rabu, 12 Agustus 2020

GURU INTERPRENEUR SEJATI BUNDA BETTI RISNALENNI

 

Dra. Betti Risnalenni, wanita hebat. Seorang pendidik dan intrpreneur sejati. Sejak kecil jiwa enterpreunernya sudah terlihat.

Dibesarkan dari lingkungan keluarga yang punya hobi suka masak. Betti kecil sudah berani memasukan dan menawarkan kue bikinan ibundanya ke toko- toko di Bekasi. Termasuk koperasi sekolah SMA 1 Bekasi. Walaupun dengan sembunyi sembunyi. Berangkat lebih awal dari teman-temanya biar mereka tidak tahu. Untuk jaga image. Tapi ini dilakukan dengan rasa senang lho.

Berlanjut sampai kuliah. Usaha keluarga merambah ke usaha catering. Beberapa kantor dan pabrik menjadi langganannya.

Sayangnya usaha catering tidak berlanjut setelah beliau menikah. Berawal dari sinilah sejarah seorang wanita hebat yang bernama Betti terukir.

Setelah lulus kuliah beliau mulai mengajar. Menjadi seorang guru. Tahun 1996 mulai membuat kursus di Bekasi. 24 pusat kursus berhasil beliau kelola. Jiwa enterpreneurnya benar-benar terlihat.

Tahun 2003 mulai merintis dan mengelola sekolah TK dan SD Insan Kamil. Punya sendiri. Aktif bekerja sama dengan Mal di Bekasi. Tahun 1996 sd 2007 selalu mengadakan lomba di mal. Metropolitan Mall. Ini merupakan terobosan promosi sekolah.

Bagaimana mengelola 24 tempat kursus? Bunda Betti bekerja sama dengan orang yg mau membuat pusat kursus. Melatih guru gurunya, Mewajibkan memakai bukunya. Sebuah terobosan yang hebat bukan?

Selanjutnya dengan lomba yang diadakan di mal, itu lebih ke entertaint. Bagaimana tidak? Bisa membuat anak anak senang. Orang tua juga senang. Sedangkan dana untuk piala dan makan sudah di masukan ke pendaftaran. Tentunya ini membtuhkan  kerjasama lagi dengan makanan siap saji. Nah dapat untung  lagi.

Bagaimana awalnya TK Insan Kamil berdiri? Berawal dari salah satu cabang yg 24 kursus, ada yg ingin sekali buat TK. Hanya sekedar keinginan. Karena takut tidak punya modal. Tapi beliau tidak menyerah begitu saja. Bekerja sama dengan salah satu pengelola pusat kursus. Mengotrak sebuah rumah. Membuat buku materi buat TK tersebut. Contohnya seperti buku mengenal tarik garis, mengenal angka, mengenal huruf . Aritmatika adalah menjadi unggulannya selain hafalan surat pendek.

Mengelola sebuah sekolah tidaklah mudah. Untuk membantu operasional sekolah bunda Betti jual buku di pusat pusat kursus. tahun 2009 saya sudah dapat bos, jadi untuk SD sudah sangat terbantu untuk operasionalnya.

Bunda Betti adalah guru hebat. Ayo kita simak pengalamannya dalam  mengikuti lomba kepala sekolah berprestasi. Menjadi juara 1 di kota bekasi dan hanya urutan harapan di provinsi jawa barat. Mulai dari lomba kecamatan. Setiap sekolah diwajibkan ikut lomba. Dari lomba kecamatan itu saya juara 1

Test tertulis, psikotest, tes bahasa inggris, presentasi dari best practice masing masing. Itulah tahap-tahap yang harus dilalui. Mengumpulkan biodata, sertifikat, kegiatan dan hasil karya juga tentunya. Waktu itu  beliau sudah menulis buku tentang aritmatika, buku A, B, C , 1 , 2 sd 27. Sudah 30 buku. Sangat berguna buat penilaian dan nilainya tinggi.

Tidak berhenti sampai disini, ketika sekolah berjalan baik. Beliau mulai melirik lagi dengan usaha kuliner. Pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan usaha kuliner beliau ikuti. Sertifikat setifikasi wirausahapun berhasil beliau dapat.

Langkah berikutnya adalah mulai mematenkan merk lewat HaKI, mulai meng " halal " kan produk dan mulai meng " pirt " kan produk. Nah...hebat bukan?

Bagaimana langkah-langkahnya untuk bisa mendapat hak paten juga mendaftarkan sebagai produk halal? Untuk paten kan merk, lewat Dinas Koperasi. Kita harus punya dulu ijin domisili usaha. itu bisa diurus ke RT, RW, kelurahan. Dan sekarang usaha beliau menjadi UMKM binaan Dinas Koperasi Bekasi.

Benar-benar seorang sosok wanita hebatya bunda Betti? Apa ya yang menjadi beliau seperti ini?

Beliau menikmati segala yang terjadi. Jadi kalau mau melakukan sesuatu, selalu berdoa. “Ya Allah jika engkau ridho dengan yang aku lakukan maka permudahlah. Jika itu sulit buat ku dan engkau tidak ridho, maka persulitlah”. Jadi apapun yang beliau lakukan tidak pernah berharap berhasil . itu saja doa saya. Beliau selalu menikmati apa yg dilakukan. Jika sulit, berarti itu sinyal Allah tidak ridho dengan itu. Sedangkan di sekolah berasa keluarga. Tim di sekolah sudah seperti saudara semuanya.



Scorpions - Wind Of Change (Official Music Video)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda